Begini Cara Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Udara

ilustrasi penularan Covid-19

Indonesiainside.id, Jakarta–Penularan Covid-19 bisa terjadi melalui udara dari sebuah ruangan dengan ventilasi yang buruk. Belum lama ini, Pusat Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan virus penyebab Covid-19 bisa menyebar di udara dari orang yang terinfeksi sejauh 1,8 meter pada kondisi di ruangan tertutup.

“Memang ada potensi di ruangan tertutup. Sebelumnya WHO (Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization) sudah bilang atas desakan 239 ilmuwan, memang jelas potensi penularan di ruangan tertutup. Pada ruangan tertutup, orangnya padat, mereka tidak pakai masker,” kata praktisi klinis sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i, Rabu (7/11).

Kasus pada anggota paduan suara di Skagit County, Washington, Amerika Serikat pada 17 Maret lalu bisa menjadi contoh. Otoritas kesehatan setempat melaporkan sebanyak 61 orang anggota bertemu dalam sebuah ruangan pada 10 Maret untuk latihan paduan suara selama 2,5 jam.

Saat itu, ternyata ada satu orang yang positif Covid-19 namun tak bergejala. Akhirnya, usai latihan, total 32 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan 20 orang lainnya berpeluang mengembangkan gejala Covid-19, sementara delapan orang lainnya negatif Covid-19.

Merujuk pada kasus ini, Covid-19 menyebar pada orang-orang yang berkerumun, tidak menjaga jarak dua meter dan memakai masker saat berada di antara orang lain.

Contoh lainnya, kasus pengunjung di Starbucks Paju, Korea Selatan beberapa waktu lalu. Saat itu, ada 56 orang pelanggan terkena Covid-19, namun empat pegawai di sana negatif.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here