Ibu Hamil Wajib Patuhi Protokol Kesehatan, Ini Kata Pakar Obstetri

Indonesiainside.id, Jakarta–Ibu hamil selama masa pandemi Covid-19 wajib untuk menerapkan protokol kesehatan saat memeriksa kandungan. Langkah ini wajib diterapkan agar terhindar dari penularan Covid-19.

Spesialis obstetri dan ginekologi dr. Kathleen Juanita Gunawan, Sp.OG mengatakan ibu hamil sebisa mungkin tetap di rumah saja. Kecuali memang harus terpaksa pergi, salah satunya adalah untuk memeriksakan kehamilan.

“Maka kalau keluar rumah, tentu harus tetap memakai masker. Boleh dengan tambahan face shield, tapi tetap nomor satu adalah masker,” kata Kathleen dalam konferensi pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (14/11).

Ia mengatakan bahwa pada dasarnya semua orang perlu menerapkan protokol guna melindungi diri dari penyakit Covid-19. Pada ibu hamil, penerapan protokol kesehatan tersebut sangat dianjurkan, terutama saat memeriksakan kandungan di fasilitas kesehatan.

“Jadi memang pada prinsipnya semua orang harus melindungi diri terhadap infeksi Covid-19 ini. Apalagi pada ibu hamil yang sedang membawa bayi,” katanya.

Protokol pencegahan Covid-19 yang diperlukan tentunya dengan selalu memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari keramaian saat berada di luar rumah.

Saat sampai di rumah, ibu hamil juga disarankan untuk segera mencuci pakaian yang baru dipakai dan segera membersihkan diri dan barang-barang yang dipakai saat memeriksakan kandungan di fasilitas kesehatan.

Ia mengatakan sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bayi dapat langsung terpapar Covid-19 saat dalam kandungan.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here