Pertama Kali, Ilmuwan Turki jadi Tuan Rumah Acara Endokrin AS

Indonesiainside.id, Ankara– Masyarakat Endokrin Amerika Serikat (ENDO) untuk pertama kalinya dalam sejarah memilih seorang ilmuwan Turki untuk menjadi ketua bersama dalam pertemuan tahunan para ahli endokrinologi dan metabolismedi seluruh dunia. Okan Bulent Yildiz menjadi ilmuwan Turki pertama yang menjadi ketua bersama acara ini pada tahun 2021 mendatang.

Okan Bulent Yildiz, seorang ahli endokrinologi di Universitas Hacettepe di Ankara, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa pengobatan Turki di dunia terus meningkat dari hari ke hari.  Para ilmuwan Turki sedang melakukan penelitian yang signifikan di dalam dan luar negeri dan telah mencapai posisi penting.

Yildiz, yang mengkhususkan diri pada obesitas dan sindrom metabolik pada wanita, mengatakan ada dua organisasi non-pemerintah yang signifikan pada penyakit hormonal, yang juga dikenal sebagai endokrinologi, di dunia. Salah satunya adalah European Society of Endocrinology dan yang lainnya adalah ENDO, katanya.  “Saya terpilih sebagai presiden untuk kongres European Society of Endocrinology yang diadakan di Portugal pada 2017. Sekarang, saya terpilih sebagai co-chairman organisasi ENDO dari American Endocrine Society pada 2021,” tambah Yildiz.

Ia mengatakan ENDO adalah salah satu organisasi ilmiah internasional paling bergengsi dan telah berdiri lebih dari satu abad.

“Tahun ini, lebih dari 27.000 ilmuwan mengambil bagian dalam ENDO, di mana studi ilmiah tentang penyakit hormonal dibahas,” katanya.  “Hanya sedikit orang di luar AS yang sejauh ini terpilih sebagai wakil ketua masyarakat, yang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun. Saya menjadi salah satu dari orang-orang itu,” tambah Yildiz, yang mencatat bahwa ini akan menjadi pertama kalinya seorang ilmuwan Turki terlibat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here