Jalan Idola K-pop Setelah ‘Kutukan Tujuh Tahun’

Indonesiainside.id, Jakarta – Para idola K-pop setelah melewati masa jaya di usia 20-an atau 30-an, kala grup tempat mereka bernaung bubar atau menjauh dari sorotan publik memilih jalan masing-masing.

Menurut Komisi Perdagangan Korea Selatan, tujuh tahun menjadi periode kontrak tunggal terlama mereka dengan perusahaan manajemen. Setelah itu, para idola ini bisa memperbarui kontrak atau memilih perusahaan lain.

Laman The Korea Times belum lama ini menulis, bahkan beberapa grup wanita paling populer di masanya, seperti Sistar dan 2NE1, tak luput dari kutukan tujuh tahun. Grup 2NE1 yang debut pada tahun 2009 harus bubar pada 2016, sementara Sistar tak lagi eksis di dunia hiburan tujuh tahun setelah debut pada tahun 2010.

Beberapa bintang seperti Youngjae B.A.P, HyunA 4Minute, CL 2NE1, dan Hyolyn Sistar melanjutkan karier solo baik itu masih di jalur musik atau beralih ke dunia akting seperti yang dilakukan Bora Sistar, Sohee Wonder Girls dan Krystal f(x).

“Semua penyanyi berbeda, mereka memiliki berbagai keahlian dan pemikiran tentang apa yang ingin mereka lakukan. Tetapi secara umum, lebih aman bagi mereka untuk menempa karier menyanyi atau akting karena mereka memahami industrinya,” ujar kritikus Jung Min-jae, dilansir Antara.

Tak hanya musik dan akting, sederet idola mencoba mengeksplorasi opsi lain seperti membuka saluran YouTube mereka sendiri dan sebagian mendulang sukses.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here