Ahmad Dhani Ungkap Sejarah Nama Dewa 19, Ini Faktanya

Ahmad Dhani. foto: instagram/ @ahmaddhaniofficial

Indonesiainside.id, Jakarta – Pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani mengungkapkan alasan hilangnya angka 19 pada nama band di album kedua band asal Surabaya itu.

“Dewa itu awalnya ya namanya Dewa saja. 19 itu adalah judul albumnya,” kata Ahmad Dhani di sela-sela mega konser Dewa 19 pada Minggu (18/10) malam.

Album pertama Dewa yang bertajuk “Dewa 19” yang dirilis pada tahun 1992.

“Jadi orang-orang mengasosiasikan nama band jadi Dewa 19. Makanya di album kedua ditulis namanya Dewa saja bukan Dewa 19,” kata Dhani merujuk pada album “Format Masa Depan” (1994).

Di album yang memiliki gambar sampul bayi yang sedang duduk itu, angka 19 di bawah nama Dewa memang hilang. Hanya ada kotak merah kecil yang di album sebelumnya bertuliskan angka 19.

Namun karena publik sudah mengenal Dewa dengan sebutan Dewa 19, maka Dhani dan kawan-kawan lantas menerima julukan itu untuk bandnya dan terus menggunakannya hingga saat ini.

“Tapi sudah terlanjur ya sudah,” katanya.

Band Dewa dibentuk pada 1986 dengan personel awal di antaranya Dhani pada kibor. Lalu Erwin pada bass, sementara Wawan jadi penggebuk drum dan Andra pada gitar.

Nama Dewa diilhami dari akronim nama para personel yang berawal dari perkenalan mereka saat masih duduk di bangku SMP 6 Surabaya.

Seiring waktu berjalan, Ari Lasso dan Once Mekel sempat bergabung dengan Dewa 19 dan menempati posisi sebagai vokalis.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here