Cara Mudah Mencegah Osteoporosis, Salah Satunya Berhenti Merokok

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebagian faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena osteoporosis tak bisa kita ubah, seperti genetik, usia dan jenis kelamin. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencegah penyakit tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan setiap hari untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Dikutip dari Healthsite, berikut adalah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis.

Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup
Konsumsi kalsium yang kurang berhubungan dengan berkurangnya massa tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Tubuh butuh vitamin D untuk menyerap kalsium. Jadi, Anda butuh dua asupan itu untuk mencegah osteoporosis. Makanlah keju, susu rendah lemak dan kacang-kacangan sebagai sumber kalsium, sementara vitamin D bisa didapat lewat sinar matahari dan makanan seperti jamur dan salmon.

Makan banyak sayur dan buah
Sayur dan buah juga sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Brokoli dan jeruk baik untuk meningkatkan asupan vitamin D serta kalsium Anda.

Kurangi asupan kafein dan sodium
Mereka yang berisiko terkena osteoporosis harus menghindari kafein dan garam. Sebagian peneliti mengatakan kafein mengurangi penyerapan kalsium, berujung pada osteoporosis. Studi menunjukkan terlalu banyak garam berujung pada kekurangan kalsium dan tulang yang melemah seiring berjalannya waktu.

Aktif bergerak, rutin olahraga
Kurang bergerak bisa menurunkan densitas tulang, meningkatkan risiko osteoporosis. Organisasi kesehatan Dunia merekomendasikan minimal 150 menit olahraga intensitas sedang setiap pekan untuk orang dewasa agar tulang mereka kuat.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here