China Berusaha Bendung Obesitas Anak

Obesitas anak di China

Indonesiainside.id, Beijing— Otoritas China menetapkan target untuk mengurangi tingkat rata-rata pertumbuhan tahunan anak-anak dan remaja yang mengalami kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen dari angka dasar (baseline) dalam satu dekade ke depan.

Angka dasar tersebut diperoleh dari rata-rata tingkat lonjakan tahunan sejak 2002 hingga 2017, menurut sebuah rencana yang dirilis bersama oleh enam departemen, termasuk Komisi Kesehatan Nasional China dan Kementerian Pendidikan China, untuk mencegah dan mengendalikan obesitas pada kanak-kanak dan remaja.

Rencana itu menguraikan tanggung jawab keluarga, sekolah, institusi medis, dan badan pemerintah dalam mencapai target itu. Anggota keluarga harus membantu anak-anak dalam menjaga pola makan yang sehat, menumbuhkan kebiasaan berolahraga secara teratur, dan memantau kenaikan berat badan mereka, papar rencana itu.

Otoritas tersebut mewajibkan sekolah untuk menyediakan makanan yang bergizi dan menjamin tersedianya waktu untuk aktivitas fisik, seraya menyatakan bahwa taman kanak-kanak harus mengatur kegiatan di luar ruangan kurang lebih selama dua jam jika cuaca memungkinkan, dan sekolah harus menjadwalkan olahraga berintensitas sedang selama minimal sejam dalam sehari, dan aktivitas olahraga berintensitas tinggi selama lebih dari tiga jam per pekan.

Rencana itu juga menyerukan kepada institusi medis agar memperkuat manajemen berat badan dan tindakan intervensi dini terhadap obesitas pada anak. Rencana tersebut juga meminta sejumlah badan pemerintah terkait untuk meningkatkan dukungan dalam perbaikan infrastruktur olahraga bagi anak-anak dan remaja.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here