Waspada Sering di Depan Gadget Dapat Merusak Mata

ilustrasi anak bermain gadget. foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Komputer dan gadget, termasuk handphone, sekarang telah menjadi sarana hidup pokok manusia mulai balita sampai lansia, karena tiada kehidupan yang tidak melalui sarana komunikasi lewat komputer dan gadget, lebih-lebih di era pandemi corona ini, ketika manusia mau tak mau harus semakin tergantung kepada perangkat itu untuk bekerja dan belajar.

Padahal, seperti dimaklumi radiasi komputer/gadget bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Apalagi kini banyak orang menghabiskan waktunya untuk bekerja dan belajar di depan komputer/gadget.

“Darurat mata termasuk kondisi tatkala orang sudah tidak mampu lagi bekerja dan atau belajar lewat komputer/gadget. Tidak hanya akibat kecelakaan yang bisa dikategorikan emergency,” Begitu kata Prof. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM(K), PhD, guru besar ahli penyakit mata Universitas Indonesia.

Dalam sebuah perbincangan di ruang praktiknya di gedung Jakarta Eye Center, awal November, Prof. Tjahjono mengungkapkan ada rekannya seorang guru besar yang menyampaikan tidak lagi mampu bekerja dengan komputer dan minta perawatan matanya.

Juga ada orangtua yang menyampaikan kondisi anaknya yang masih usia sekolah terganggu proses belajarnya melalui Zoom karena gangguan penglihatan.

JEC (Jakarta Eye Center) yang terletak di Jakarta Pusat itu dipenuhi pasien yang antre seperti pasar. “Ini bisa dikataan keadaan darurat, karena mata menjadi alat vital untuk hidup, penghidupan dan proses belajar mengajar,” katanya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here