Mesir Kembalikan Koin Kuno Selundupan ke China

AFP

Indonesiainside.id, Kairo– Mesir pada Selasa (17/11) malam mengembalikan 31 koin China kuno kepada Kedutaan Besar China di Kairo.  Dalam sebuah upacara yang digelar di Museum Mesir di Kairo, Menteri Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir Khaled al-Anany menyerahkan koin-koin tersebut kepada Duta Besar China untuk Mesir Liao Liqiang.

Dalam kesempatan yang sama, 69 koin lainnya juga diserahkan kepada Arab Saudi dan India.  “Ini menjadi kali kedua bagi pemerintah Mesir mengembalikan relik budaya selundupan kepada pemerintah China,” tutur Liao kepada Xinhua dalam upacara tersebut.

Dia melanjutkan bahwa koin-koin kuno yang diserahkan kepada kedutaan China itu berasal dari era Dinasti Han (202 SM-220 M). Pada 2010, China dan Mesir menandatangani perjanjian tentang perlindungan dan pengembalian properti budaya curian yang diperdagangkan secara ilegal dari negara asal, ucap Liao.

Sementara itu, al-Anany menekankan bahwa negaranya telah menandatangani banyak perjanjian internasional untuk pemulangan artefak dan penyitaan benda-benda arkeologi selundupan. (NE/ant/xh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here