Program Rumah DP Rp0 Berlanjut ke Gelombang Kedua

Program Solusi Perumahan Warga di Klapa Village, Jakarta Timur. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Hingga hari terakhir, Ahad (4/8), proses pengajuan KPR di lokasi hunian Program Samawa DP Rp0, telah hadir 1.063 pemohon yang diundang. Mereka adalah bagian dari 1.790 orang pemohon yang telah lolos seleksi. Menilai minat masyarakat yang tinggi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersiap membuka pendaftaraan gelombang kedua atas program tersebut.

“Hingga Ahad tanggal 4 Agustus 2019, kami telah melayani sekitar 1.364 warga yang hadir. Sebanyak 1.063 adalah undangan pemohon yang telah lolos seleksi sebelumnya. Bank DKI juga telah memproses 1.063 formulir KPR yang dimasukkan oleh warga pemohon,” ujar Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) Provinsi DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan, Senin (5/8).

Mengenai 301 orang yang lain adalah masyarakat yang tertarik mencari informasi mengenai program tersebut. Mereka menyatakan berminat mendaftar.

Selanjutnya, proses KPR mulai diurus Bank DKI dan dalam dua hingga tiga pekan para pemohon yang aplikasi kreditnya disetujui akan dihubungi Bank DKI untuk memasuki proses akad kredit. Usai proses tersebut selesai, biasanya dalam waktu beberapa minggu akan dilaksanakan proses serah terima kunci.

Pada tanggal 7 Agustus mendatang, Pemprov DKI akan membuka gelombang pendaftaran selanjutnya untuk program tersebut di lokasi hunian Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur. Pendaftaran satu minggu pertama dilakukan di sana, dan seterusnya mulai tanggal 14 Agustus mendatang, pendaftaran akan dilakukan di kantor Unit UFPRS, Jatibaru, Jakarta Pusat.

Peminat program Samawa ini dapat mendaftar melalui gelombang kedua untuk hunian di lokasi program yang baru. Mereka juga dapat pula mendaftar untuk menjadi waiting list pada hunian Klapa Vilage bila nantinya masih terdapat unit yang tersedia. Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui laman resmi di
samawa.jakarta.go.id.

“Kami juga dapat sampaikan, bahwa bila masih ada unit yang tersisa dari hunian gelombang pertama ini maka pemohon yang lolos seleksi gelombang kedua juga dapat dimasukkan untuk mendapat unit di Rusunami Klapa Village,” paparnya. Program tersebut merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan fasilitasi pembiayaan kepemilikan hunian untuk masyarakat ibu kota. Lokasi hunian program gelombang kedua akan berjalan juga di beberapa lokasi di Jakarta yang saat ini masih dalam tahap proses penjajakan dan kerjasama dengan pengembang. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here