Puluhan Ribu Buruh Aksi, Medan Merdeka Timur Lumpuh

Macet parah di Jalan Medan Merdeka Timur akibat demo buruh.(Foto: Ahmad ZR/indonesiainside.id)

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta – Kemacetan parah terjadi di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat. Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam FSP LEM SPS dihalangi oleh aparat karena dilarang menuju area Istana dan kantor Gubernur DKI Jakarta.

Mereka terhalang di Jalan Medan Merdeka Timur depan gedung Pertamina. Akibatnya, kemacetan parah terjadi hiburan ke depan Stasiun Gambir dan arah Masjid Istiqlal. Negosiasi alot terjadi antara perwakilan butuh dengan pihak kepolisian.

Aparat ingin mengalihkan ribuan butuh untuk masuk lebih dahulu ke dalam kawasan Monumen Nasional (Monas). Namun, mereka kekeuh ingin menuju Istana.

Serelah melalui negosiasi alot, ribuan butuh memasuki kawasan Monas dikawal oleh mobil patroli pengawalan (Patwal) Satlantas. Tuntutan mereka adalah revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 yang dinilai merugikan dan menyengsarakan buruh.

Dalam UU tersebut, di antara keberatan buruh adalah masa pesangon dihapus, tidak ada jaminan bekerja, outsourcing dilakukan secara bebas, dan tenaga kerja asing (TKA) merajalela. Hingga kini, kemacetan parah masih terjadi di area Monas. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here