Anies Resmikan dan Serahkan Kunci untuk Penghuni Gelombang Pertama Rumah Samawa

anies
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama istrinya, Fery Farhati Ganis, saat meninjau hunian program Samawa. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Menara Samawa yang menjadi rumah hunian pertama Program Solusi Rumah Warga (Samawa) atau Rumah DP Rp0, Sabtu (31/8) di lokasi hunian Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pada acara ini juga dilakukan serah terima kunci secara simbolis kepada 50 calon penghuni yang akan memasuki hunian gelombang pertama.

Anies juga menyaksikan prosesi akad kredit sejumlah calon penghuni yang dilakukan di lokasi. “Sungguh sebuah kebahagiaan tersendiri. Hari ini kita menyaksikan sebuah menara yang nantinya akan dihuni oleh masyarakat yang mereka terlibat dalam program rumah DP nol rupiah,” ujarnya.

Proses serah terima kunci tersebut menggunakan aplikasi khusus dalam rangka untuk memudahkan penghuni. Aplikasi berbasis android tersebut berisi daftar cek (check list) serah terima unit berupa segala kelengkapan yang harus diterima penghuni dari pengembang.

Adanya aplikasi yang beroperasi melalui gawai ini, para penghuni nantinya dapat dengan mudah melaporkan jika ternyata kerusakan dari unit yang diterima. Caranya, cukup difoto lalu dikirim menggunakan aplikasi tersebut.

“Kepada masyarakat yang hari ini sudah terima kunci, kami ingin kepada Bapak/Ibu sekalian, mulailah tinggal di tempat ini. Kenapa diberi nama Samawa? Memang betul ini solusi perumahan warga. Tapi nama itu pun membawa pesan, bahwa yang bisa mengikuti program ini adalah mereka yang sudah menikah,” paparnya.

Program Samawa adalah fasilitasi pembiayaan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi masalah kepemilikan rumah di Jakarta. Melalui program ini, Pemprov DKI menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP Rp0 sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here