Ratusan Unit Rumah Samawa Resmi Milik Warga Jakarta

samawa
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat meresmikan hunian program Samawa. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Program Solusi Rumah Warga (Samawa) atau rumah DP Rp0 telah terlaksana. Ratusan unit hunian di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, saat ini akan segera berpenghuni.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Pinontoan, mengatakan bahwa ini merupakan komitmen untuk menyediakan hunian berkualitas namun terjangkau untuk warga Jakarta. “Kami juga memastikan proses hand over unit berjalan lancar dan mulus, yang memudahkan para calon penghuni Tower Samawa,” ujarnya, Sabtu (31/8).

Para calon penghuni saat serah terima unit dapat langsung tanda tangan dan mengirimkan hasil kelengkapan unit melalui daftar cek via aplikasi. Selain itu, proses komplain serta berita acara serah terima juga dapat dikirim melalui surel atau dicetak saat itu juga.

Dengan adanya aplikasi ini, penghuni bisa memantau pengerjaan yang dikomplain hingga selesai, termasuk penjadwalan serah terima unit. Penghuni pun dapat dengan mudah melihat kapan unit tertata rapi dan siap untuk serah terima.

Acara ini dihadiri sekitar 500 undangan dari berbagai lembaga pemerintah, asosiasi, media, dan juga publik.
Hunian DP Rp0 di Nuansa Pondok Kelapa dibangun di atas luas lahan 5.686 m2, dengan total 21 lantai, terdiri dari 780 unit yang dibagi menjadi tiga tipe.

Tipe pertama adalah tipe studio berjumlah 240 unit, dengan kisaran harga setiap unit Rp184.800.000. hingga Rp195.800.000. Kemudian yang kedua, tipe 1 kamar berjumlah 180 unit, dengan kisaran harga per unit Rp210.760.000. sampai Rp213.400.000. Lalu yang terakhir ialah tipe 2 kamar berjumlah 360 unit, dengan kisaran harga tiap unitnya Rp304.920.000. sampai Rp310.640.000.

Mengenai fasilitas yang terdapat di hunian ini di antaranya, balai warga, PAUD, taman bermain anak, musala, dan bus Transjakarta. Selain itu, kawasan tersebut juga dekat pasar dan sekolah. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here