Program Rumah DP Rp0 akan Kembali Dibangun

maket rumah
Maket Program Solusi Rumah Warga (Samawa) yang ditampilkan di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Ratusan unit hunian Program Solusi Rumah Warga (Samawa) atau rumah DP Rp0 di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, saat ini telah berpenghuni. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk menambah bangun hunian vertikal tersebut.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menuntaskan janji politiknya dengan meresmikan program tersebut pada tanggal 31 Agustus lalu. Menrut Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Pinontoan, pembangunan akan kembali dilakukan di kawasan Jakarta Timur dan ditargetkan akhir tahun ini dan awal tahun depan.

“Target kami akhir tahun yang di Cilangkap. Setelah itu Pulo Gebang. Nama semuanya itu nuansa, nuansa Pondok Kelapa, Nuansa Cilangkap,” ujarnya, Selasa (3/9).

Yoory memperkirakan untuk jumlah unit yang berada di dua banguanan baru ini juga tak berselesih jauh dengan hunian yang ada di Pondok Kelapa. Pasalnya, kedua bangunan itu didirikan di atas lahan yang luasnya nyaris sama dengan hunian sebelumnya.

“Nanti sama dengan Nuansa Pondok Kelapa karena luas lahan hampir mirip, sekira 700 atau 800 unit,” paparnya. Saat ini, kedua hunian tersebut masih sebatas tahap perencanaan.

Masih ada beberapa tahap lagi untuk sampai pada pembangunan fisik bangunan. “Mengurus perizinan, setelah selesai baru ground breaking,” kata dia.

Untuk peletakan batu pertama bagi hunian yang berlokasi di Cilangkap kata ditargetkan pada bulan Oktober atau November mendatang. Sedangakan untuk yang di Pulo Gebang masih belum direncanakan. “Mungkin Oktober atau November untuk ground breaking di Cilangkap,” tuturnya. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here