Anies Imbau Aparat Bertugas di Lapangan Bekerja Sesuai SOP

anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Aksi unjuk rasa penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) RKUHP dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di sekitar gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Senin (30/9), diharapkan kondusif. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta kepada aparat keamanan yang bertugas agar tetap mengikuti aturan sebaik-baiknya.

“Saya mengimbau kepada seluruh aparat yang bertugas di lapangan agar mengikuti standard operation oprocedure (SOP) penanganan dengan baik,” ujarnya. Aparat yang ditugaskan, lanjut Anies, mengamankan jalannya unjuk rasa kali ini bekerja atas nama negara.

Lantaran bekerja dengan membawa nama negara, apapun tindakan para aparat bakal dihubung-hubungkan dengan Negara. “Dengan mengikuti SOP, maka apapun yang terjadi sebagai petugas yang bekerja atas nama negara dia menjalankan tugas dengan benar dan baik. Tindakannya atas nama negara, karena itu harus mengikuti SOP yang baik. semua pihak yang berada di sana bagi yang menjalankan aspirasi dan bertugas,” paparnya.

Anies berpesan kepada para demonstran agar tetap menjunjung tinggi adab dan menyampaikan pendapat mereka dengan aman dan santun agar tuntutan yang disampaikan juga dapat diterima dengan baik. “Pihak yang mau menyampaikan aspirasi Sampaikan aspirasi itu dengan damai, dengan adab yang baik, supaya aspirasi itu bisa didengar dengan baik pula,” tuturnya.

Anies juga meminta demonstran sebisa mungkin menghindari pelanggaran-pelanggaran yang bisa memicu terjadinya konflik.

“Hindari pelanggaran, mulai lisan sampai tulisan hingga perusakan. Karena lisan pun bisa melakukan pelanggaran, sampai pada tulisan, sampai perusakan. Hindari itu, tunjukkan bahwa menyampaikan aspirasi itu bisa dilakukan dengan cara yang baik,” imbaunya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here