Anies Berharap Ada Kolaborasi Apik dengan Pimpinan DPRD Baru

anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Pimpinan dan wakil definitif serta sembilan pimpinan fraksi di DPRD DKI 2019-2024 telah ditetapkan. Menanggapi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berharap kolaborasi antara eksekutif dengan legislatif di ibu kota bisa berjalan dengan baik.

“Jadi, yang pertama kita berikan selamat kepada lima orang yang mendapatkan amanat untuk menjadi pimpinan dewan. Kemudian kita berharap kemitraan bisa berjalan dengan baik,” ujarnya, Kamis (3/10).

Menurut dia, masih banyak agenda bersama antara eksekutif dengan legislatif. Salah satunya ialah pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) yang masih dalam ‘pekerjaan rumah’.

“Selama ini pembahasan cukup panjang akibat menunggu pemilu, kemudian penentuan pimpinan. Sekarang alhamdulilah sudah ditentukan. Kita berharap bisa kerja bersama karena sebagian adalah pimpinan yang selama ini sudah berinteraksi, ketua dan wakil. Jadi kita berharap bisa komunikasi dan bisa bekerja bersama dengan baik,” paparnya.

Kemudian, Anies berjanji akan langsung merekomendasikan susunan pimpinan DPRD DKI tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), agar dewan bisa menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang belum tuntas. Ia mengatakan, ada dua pekerjaan rumah (PR) bagi anggota DPRD DKI periode 2019-2024 yang harus segera diselesaikan.

Tugas pertama, lanjut Anies, anggota dewan harus menyelesaikan perihal Rencana Tata Ruang Tata Wilayah DKI. Selain itu, Anies akan segera memproses surat rekomendasi kepada Kemendagri.

“Tentu pembahasan (wagub DKI) juga perlu segera dan mudah-mudahan bisa masuk ke agenda cepat. Hari ini surat dari dewan kalau saya terima langsung akan saya lanjutkan ke menteri dalam negeri,” tuturnya. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here