Kemarau Diprediksi di Penghujung, Akhir Bulan November Jakarta Diguyur Hujan

Ilustrasi hujan. Foto: ant

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Musim kemarau diperkirakan akan segera berakhir. Dalam waktu dekat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jadebotabek) bagian selatan layaknya Bogor akan diguyur hujan.

“Tapi belum setiap hari. Nanti di pertengahan Oktober atau akhir Oktober baru tiga hari sekali hujan,” ujar Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko, Senin (7/10).

Pada bulan November mendatang, kondisi panas terik yang dirasakan saat ini akan pudar. Hary menuturkan Jakarta akan mulai diguyur hujan pada akhir November atau awal Desember.

“Kalau ini masih jarang (hujan), ini masih wilayah di selatan. Nanti bulan November ada sedikit spot-spot di wilayah Jakarta-nya (yang turun hujan),” tuturnya.

“Karena awal musimnya untuk Jadebotabek bagian selatan ada di Oktober II, yakni pertengahan Oktober sampai pertengahan November itu awal musim hujannya. Sementara wilayah Jakarta antara akhir November dan awal Desember awal musim hujannya,” paparnya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here