Selama Dua Tahun, Belasan Program Unggulan Sudah Berjalan

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada "Diskusi Publik" di Paloma Bistro, Menteng, Jakarta, Rabu (16/10). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Bertepatan dengan dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sudah ada 14 program unggulan yang sudah berjalan. Di antaranya adalah penataan trotoar, integrasi transportasi, pembangunan taman kota dan kawasan lain, pembangunan rumah DP Rp0, pembagian kartu kesejahteraan, distribusi pangan murah, perlindungan perempuan dan anak, beragam pergelaran bergengsi di ibu kota.

Lalu, program makanan tambahan untuk anak sekolah, perluasan penerima manfaat penggratisan pajak bumi dan bangunan, pengaspalan jalan kampung, insentif untuk lansia yang tidak berpenghasilan tetap, aksesibilitas Pulau Seribu hingga hibah untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Anies menyatakan, bahwa jajarannya di lingkungan Pemprov DKI sudah bekerja secara maksimal.

Namun, ia tak memungkiri banyak hambatan selama menjalankan kebijakan yang dirancangnya. “Sesungguhnya banyak hal dikerjakan memerlukan waktu dan sebagian menimbulkan tantangan,” ujarnya, Rabu (16/10), di Jakarta.

Pada tanggal 16 Oktober 2017 silam, ia dilantik sebagai gubernur bersama Sandiaga Uno (wakil gubernur) yang menjadi pendampingnya. Namun, dalam rincian kepemimpinan Anies, hanya selama satu tahun dia mempunyai pendamping dan satu tahun tanpa pendamping.

Selama menjadi orang nomor satu di ibu kota, Anies menyatakan baru mengerjakan 40 persen dari seluruh program. Menurut dia, seluruh program yang sudah dirancangnya sejak menjadi gubernur direncanakan bisa tuntas dalam waktu lima tahun. Ia menyebut masih banyak kebijakan yang tengah dieksekusi.

“Rencana pembangunan kita susun dan rencanakan untuk dituntaskan selama lima tahun. Banyak yang sudah berjalan, tapi masih dalam progres karena baru 40 persen,” paparnya. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here