Perilaku Hidup Bersih Warga Jakarta Belum Mencerminkan ‘Maju Kotanya’

truk sampah
Dokumentasi. Sejumlah truk pengangkut sampah DKI Jakarta antre menurunkan muatan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, di Bekasi. Foto: ant

Indonesiainside.id, Jakarta – Zita Anjani, putri Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, didapuk menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024, Senin (14/10) lalu. Ia mencetak rekor sebagai wanita pertama yang menduduki pucuk pimpinan parlemen Kebon Sirih.

Selama dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Zita menilai kebersihan di ibu kota menjadi masalah serius. Perilaku dan gaya hidup masyarakat terkait hal kebersihan masih sangat tertinggal dibandingkan kota lain seperti di Jepang.

“Kami juga menyoroti soal kebersihan di Jakarta, masih belum mencerminkan maju kotanya, bahagia warganya. Rumah-jamban jadi satu, konsep kebersihan masih kurang, beda dengan Jepang walapun rumah kecil-kecil, tapi penduduk paham kebersihan, daur ulang, dan memilah sampah,” kata Zita, Kamis (17/10).

“Menggambarkan sebuah kota itu maju, ada pada warganya, budayanya, bukan bangunannya semata. Masalah DKI harus dibenahi dari hilir, yakni perilaku dan gaya hidup,” paparnya.Zita menginginkan agar pada tahun ketiga Anies bertugas lebih bisa memberikan perhatian pada bagaimana mengubah perilaku masyarakat terkait kebersihan.

“Setiap sen uang rakyat digunakan untuk mengubah perilaku masyarakat, meninggalkan hal-hal yang membuat kualitas hidup kota menurun. Kehidupan kota yang benar-benar berkualitas dan berkelanjutan,” tutur Zita.

Ia meminta agar Pemprov DKI tak sekadar membersihkan sampah-sampah masyarakat. Tetapi juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah secara mandiri.

“Misalnya pengelolaan sampah swadaya yang sudah banyak muncul. Pemasaran produknya perlu didukung, produksinya juga harus ditingkatkan,” ujar politikus berusia 29 tahun ini.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here