Pelantikan Presiden, Anies: Persiapan Pemprov DKI Sudah Berjalan Sejak Bulan Lalu

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan sudah melakukan persiapan sejak bulan September untuk menyukseskan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada tanggal 20 Oktober mendatang. Rapat internal secara rutin dilakukan oleh jajarannya untuk membahas acara tersebut.

“Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI sudah berjalan sejak bulan lalu,” ujarnya, Kamis (17/10). Adapun persiapan yang dilakukan seperti pengalihan rute trasportasi umum di sekitar lokasi pelantikan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

“Koordinasi untuk rute, untuk persiapan keamanan. Kita mendukung persiapan keamanan yang dikerjakan oleh TNI dan Polri. Kemudian semua fasilitas-fasilitas yang terkait dengan kegiatan pelantikan maupun acara pascapelantikan itu kita bantu siapkan,” paparnya.

Anies tak memaparkan secara rinci mengenai persiapan yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Dia juga lupa jumlah personel kemanan dari pihak Pemprov DKI, dalam hal ini Satpol PP yang diterjunkan untuk mengawal jalannya pelantikan tersebut.

“Wah saya tidak ingat jumlah personelnya. Tapi semua yang dibutuhkan sudah disiapkan barangkali hampir dua bulan, satu bulan lebih, kita bicarakan dengan pemerintah pusat dengan jajaran Forkopimda, semua kebutuhan kita siapkan,” tuturnya.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI akan dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dihelat di Ruang Rapat I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat. Menurut rencana, pelantikan ini akan digelar mulai pukul 14.30 WIB, dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan diikuti dengan mengheningkan cipta.

Setelah itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, akan membuka sidang Paripurna MPR RI didampingi sembilan Wakil Ketua MPR. Selanjutnya dilakukan pembacaan hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin sebagai pemenang Pemilihan Presiden 2019.

Setelah KPU membacakan hasil keputusan, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Acara ditutup dengan pembacaan doa dan diakhiri menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here