Bom Dosen AB Berdaya Ledak Kuat, 21 Orang Jadi Tersangka

Barang bukti bahan peledak berupa paku, pecahan kaca, botol beling dan korek api berhasil diamankan oleh petugas kepolisian, Jumat (18/10). Foto: Fichri Hakiim/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – AB yang menjadi perancang kerusuhan aksi unjuk rasa Mujahid 212 pada Sabtu (29/9) akhir pekan lalu, telah ditetapkan menjadi tersangka. AB yang merupakan Ddosen salah satu perguruan tinggi negeri di Bogor itu diketahui merupakan pelaku yang mendanai untuk membuat bom molotov.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, mengatakan, rencana awalnya bom itu akan diledakkan di sejumlah wilayah di Jakarta. “Total pelaku yang sudah kita amankan ada 21 orang. Masih ada yang kita buru,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Jumat(18/10).

Argo membeberkan, dari hasil pemeriksaan para tersangka memiliki peran yang berbeda- beda. Ada yang berperan sebagai pendana, pembuat bom, eksekutor, hingga pengatur strategi untuk meledakkan bom tersebut.

Argo menambahkan, polisi telah mengamankan 7 bom molotov yang sudah siap diledakkan. “Dua bom molotov sudah dilempar ke petugas di fly over Pejompongan pada aksi 25 September lalu,” tambahnya.

“Meski para pelaku merupakan kelompok yang sudah profesional dalam membuat bom molotov, namun mereka hanya sebatas kelompok perusuh pembuat bom molotov, bukan jaringan teroris,” ungkap Argo.

Sementara itu, anggota Labfor Mabes Polri, Kompol Hendi, mengatakan, timnya telah menguji 28 bom molotov tersebut. “Hasilnya setelah diuji daya ledak bom tersebut terbilang sudah kuat,” ujarnya di Polda Metro Jaya.

Hendo menjelaskan, bahkan komponen bom molotov tersebut sudah lengkap sehingga daya ledaknya bisa mencapai 30 meter. “Dalam bom itu terdapat paku yang dililit di luar botol, lalu ditempel isolasi. Jika meledak bisa melukai orang di sekitar kejadian. Ketika diuji coba ledakannya oleh tim di Brimob, kerusaknnya cukup kuat, bisa mencapai jarak 30 meter,” jelasnya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here