MRT Fase Kedua Diperkirakan Angkut 500 Ribu Penumpang Tiap Hari

Met jakarta
MRT Jakarta. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Apabila sudah beroperasi, Moda Raya Terpadu (MRT) fase kedua yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Ancol Barat, ditargetkan mengangkut ratusan ribu penumpang setiap harinya. Target tersebut cukup nyata, lantaran cakupan MRT fase kedua ini lebih panjang.

“Alasannya 500 ribu penumpang karena cakupannya besar. Dan lebih panjang yaitu dari Lebak Bulus sampai Ancol Barat,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, Senin (11/11).

Kemudian, ia menuturkan bahwa jalur fase kedua ini melalui kawasan padat penduduk, lokasi wisata, dan pusat ekonomi bisnis. Publik tengah menanti adanya rute tersebut.

“Alasan lainya, dari segi operasional, ketepatan waktu transportasi ini hampir 100 persen. Jadi sangat reliabel dan ini sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” tuturnya.

Proyek pembangunan MRT fase kedua bakal dilakukan tahun depan. Pembangunan ini juga dinilai lebih rumit dibandingkan fase pertama.

Walau tak sepanjang rute MRT Lebak Bulus-Bundaran HI yang memiliki panjang 15,7 kilometer dengan 13 stasiun, pembangunan MRT fase kedua memiliki kendala lebih. Fase ini memiliki rute sepanjang 5,8 kilometer dengan tujuh stasiun yang semuanya berada di bawah tanah.

Ketujuh stasiun bawah tanah tersebut ialah, Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Posisi sungai dalam rute MRT fase kedua ini membuat pembangunan terowongan yang melewati kawasan Sawah Besar dan Mangga Besar dibangun bertingkat.

Di kawasan ini, kedalaman terowongan bisa mencapai lebih 30 meter di bawah permukaan tanah. Persoalan lain adalah dalam MRT fase kedua pembangunannya akan melewati kawasan di sekitar Kota Tua dengan banyak cagar budaya. Karena itu PT MRT bekerjasama dengan dengan Badan Pelestarian Cagar Budaya untuk memastikan konstruksi yang dibangun tidak merusak bangunan tersebut. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here