Dinas Bina Marga DKI: Revitalisasi Trotoar Tak akan Menjadi Biang Banjir

Proses pelebaran trotoar
Proses pelebaran trotoar di Jalan Kemang. Selasa (15/10). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, JakartaMusim hujan, langit mendung kerap menyelimuti langit ibu kota. Proyek revitalisasi trotoar yang tengah belangsung tak akan menjadi penyebab banjir di Jakarta.

Pasalnya, saluran air yang letaknya tak jauh dari trotoar bakal diperhatikan oleh para pekerja proyek tersebut. Hari Nugroho selaku Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta memastikan hal tersebut.

“Jadi untuk langkah antisipasi genangan atau pun musim hujan, satu kita harus membersihkan tali-tali air atau mulut-mulut air yang ada di bahu jalan dan trotoar,” ujarnya, Kamis (14/11). Tak hanya itu, Hari menuturkan bahwa Dinas Bina Marga DKI bertugas menambal jalan yang berlubang.

Lantaran, jalan berlubang merupakan salah satu pemicu kecelakaan terhadap pengendara sepeda motor, terutama saat musim hujan tiba. Hari memaparkan, Dinas Bina Marga DKI akan berusaha sepenuhnya untuk meniadakan genangan di ibu kota.

“Itu (jalan berlubang) bisa mencederai juga kalau ke tutup air. Kemudian, itu penutup gril atau kantong itu diratakan dengan permukaan jalan,” paparnya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here