DKI Siap Hadapi Musim Hujan

Jakarta diguyur hujan
Jakarta akan diguyur hujan. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Persiapan untuk menghadapi musim hujan telah dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Bahkan, hal tersebut sudah dipersiapkan sejak empat bulan lalu.

“Sejak bulan Juli, kita dari SDA DKI telah melaksanakan banyak kegiatan. Terkait dengan pengerukan waduk, sungai, situ (danau kecil), dan rawa-rawa yang ada di dinas, maupun kewenangan sudin, maupun kecamatan,” ujar Kepala Dinas SDA DKI, Juaini Yusuf, di Balai Kota DKI, Kamis (14/11).

Tak hanya itu, ia menyatakan bahwa Dinas SDA DKI telah melalukan pemeriksaan pompa stationer dan pompa mobile yang jumlahnya mencapai ratusan unit yang tersebar di berbagai wilayah ibu kota. Untuk menghadapi banjir tahun ini, Juaini memastikan semua pompa tersebut kini berfungsi normal dan siap digunakan.

“Kita juga telah melakukan kegiatan pemeriksaan pompa, yang mungkin selama ini ada di beberapa tempat yang berjumlah sekitar 400 pompa,” tuturnya.

Dinas SDA DKI, lanjut Juaini, telah merampungkan sekira ratusan sumur resapan di kawasan rawan banjir untuk menampung air agar tak terjadi banjir saat hujan dengan intensitas tinggi melanda ibu kota. Namun, ia tak merinci secara detail lokasi pembuatan sumur resapan tersebut.

Ia memaparkan, banyak sumur resapan yang saat ini dikerjakan di sekitar kawasan pompa air, atau di sekitar rumah pompa dan taman-taman yang memang dipersiapkan untuk menyerap air saat musim penghujan.

“Upaya kita dalam penanggulangan banjir juga ialah dengan sumur resapan yang selama ini dari Dinas SDA DKI sudah melakukan pembuatan sumur resapan sebanyak 800 unit di beberapa tempat,” paparnya. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here