Wakil Ketua DPRD DKI Kritik Pelayanan BPJS Kesehatan

Abdurrahman Suhaimi
Wakil DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi . Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PKS, Abdurrahman Suhaimi, menyoroti pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh konstituennya. Ia mendapatkan keluhan tersebut saat berkunjung ke daerah pemilihan (dapil) 5 Jakarta Timur yang meliputi Kecamatan Jatinegara, Kramat Jati, dan Duren Sawit.

“Itu perlu dikaji ulang. Jika maunya membantu masyarakat, tapi masyarakatnya mengeluh, berarti tidak sampai ke tujuan,” ujarnya, Sabtu (16/11), di Jakarta.

“Masih banyak masyarakat yang mengeluh pelayanan di rumah sakit (RS) karena sering ditolak. Maka itu harus dikaji secara menyeluruh terkait dengan besaran pembayaran dan juga pelayanan yang semestinya diterima masyarakat,” paparnya.

Selain itu, politikus PKS ini juga memperhatikan perihal saluran air dan pelayanan pembuatan KTP. Untuk saluran air, Suhaimi masih banyak menemukan yang tersumbat dan belum dikeruk oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur.

“Saluran air kan tugasnya SDA. Nah yang dibutuhkan masyarakat adalah kepastian. Artinya, kepastian terkait pembenahan yang dijanjikan, ya harus dikerjakan,” tuturnya. Kemudian, selama bertemu warga Jakarta, ia juga mendengar banyak keluhan dari masyarakat soal lamanya proses pembuatan KTP.

“Secara umum, mereka (baik lurah dan camat) juga mengeluhkan kendala blangko dari Kemendagri. Afa yang enam bulan KTP-nya belum jadi. Ini seharusnya tidak terjadi, padahal ini kan Jakarta,” kata dia.

Nantinya, tiga temuan yang menjadi konsentrasinya dalam reses kali ini akan disampaikan Suhaimi dalam rapat paripurna agar segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait. “Harus ada sinergi antara pusat dan daerah. Maka dari itu, kami akan sampaikan secara formal karena hasil reses akan diparipurnakan dan nanti akan dikirim ke instansi terkait,” urai dia. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here