Setelah BKD DKI, Kemendagri Komentar Atas Hadirnya Anies di Reuni Akbar 212

Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Anies Baswedan menghadiri acara reuni akbar 212 yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (2/12) pagi. Ia memberi sambutan di atas panggung dengan mengenakan pakaian dinas berwarna cokelat dan memakai peci hitam.

Setelah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, kini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menilai bahwa orang nomor satu di Jakarta itu tidak menyalahi aturan. Akmal Malik selaku Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, mengatakan bahwa Anies diundang ke acara itu sebagai gubernur. Maka dari itu, sudah tepat jika kehadiran Anies dengan menggunakan seragam dinas.

“Kan hari kerja. Dia diundang kapasitasnya sebagai apa? gubernur kan? Ya boleh. Masa iya dia pakai gamis. Dia pakai pakaian dinas karena kapasitasnya sebagai gubernur,” ujarnya.

Ia memaparkan, dalam undangan itu Anies juga bisa menggunakan gamis. Menurut dia, tidak ada aturan soal pakaian gubernur saat menghadiri acara.”Tidak dilarang juga. Hal seperti itu kan tidak diatur. Itu masalah kepatutan kan, masa dilarang pakai baju,” paparnya.

Akmal menuturkan bahwa Kemendagri tidak akan membatasi acara-acara yang boleh atau tidak dihadiri oleh kepala daerah. “Kita tidak pernah mengikat kegiatan A atau B. Lagian dia kan hadir di daerahnya sendiri,” tuturnya. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here