Hingga Tahun Depan, 105 Kamera ETLE Akan Dipasang di Jalanan Ibu Kota

Kamera pengawas terpasang di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (1/7). Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menambah kamera sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ruas jalan ibu kota. Total, ada 105 buah kamera yang akan dipasang hingga penghujung tahun depan.

Saat ini, baru ada 12 kamera ETLE yang terpasang di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Kemudian, polisi akan menambah sebanyak 45 kamera pada tahun ini, sehingga ada 57 kamera ETLE yang siap merekam pengendara di jalanan ibu kota.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, mengatakan bahwa tahun depan, 48 kamera ETLE akan ditambahkan. Pemasangan kamera tersebut akan menggandeng Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Baca Juga:  Ibu Pembuang Bayi di Jatipulo Ditangkap Polisi

“Tahun ini akan ditambah lagi 45 (kamera) ETLE yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang sudah dikoordinasikan antara Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta. Tahun 2020 akan ditambah juga 48 (kamera) ETLE,” ujarnya di Jakarta, Kamis (5/12).

Dua kamera ETLE telah dipasang di jalur TransJakarta. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai pelanggaran lalu lintas yang kerap terjadi di sana.

“Sekarang masih ada dua titik (pemasangan kamera ETLE di jalur Transjakarta), sebentar lagi (ditambah) 12 titik (pemasangan kamera). ETLE juga dikembangkan di jalan-jalan tol, sekarang masih ada 2 titik,” paparnya.

Baca Juga:  Sakit, Hadi Pranoto Tak Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Hingga saat ini, sejak bulan November tahun lalu hingga November kemarin, tercatat ada 54.074 pelanggar yang tertangkap kamera ETLE. Dari jumlah tersebut, sebanyak 25.459 pelanggar sudah melakukan konfirmasi dan pembayaran. Sementara 28.615 pelanggar yang diblokir kendaraannya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here