PD Pasar Jaya Kaji Pembangunan Rusun di 29 Pasar Jakarta

Rusun Penjaringan Jakarta Utara tempat anak tersetrum listrik. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Perumda (PD) Pasar Jaya akan membangun rumah susun (Rusun) di 29 pasar yang tersebar di ibu kota. Tetapi, hal tersebut masih sekedar kajian di internal salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta itu.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, mengatakan bila rencana itu berjalan mulus, maka PD Pasar Jaya bakal membangun rusun dengan berbagai kategori di puluhan pasar tersebut. Rusun yang direncanakan tak hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Ada 29 (pasar) yang potensi bisa kita padukan dengan rusun ya. Rusun itu tapi kan tidak selalu kemudian rusun MBR, tapi yang nonMBR juga,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (7/12).

Baca Juga:  Hari Ini Polda Metro Buka Empat Lokasi Layanan SIM Keliling

Ia belum merinci puluhan pasar yang menjadi target dibangunnya fasilitas tersebut. Yang jelas, pasar-pasar itu harus memenuhi kriteria awal, yakni memiliki luas tanah yang memadai.

Tetapi, ia enggan memaparkan minimal dan maksimal luas tanah yang dimaksud. “Kriterianya berdasarkan ukuran tanah,” tuturnya.

Dengan adanya fasilitas itu, ia yakin roda perekonomian bakal berputar lebih lancar. Pasalnya, penghuni rusun di dalam pasar ini hampir mustahil berbelanja keperluannya ke pasar lain. Atas alasan ini pula, Arief meyakini rencana tersebut tak akan mendapat penolakan dari para pedagang pasar.

“Jadi, kalau yang tinggal di atasnya pasar itu ada 2000 kepala keluarga, otomatis kan belanjanya di bawah. Jadi kalau ada penolakan buat saya tidak ya,” paparnya.

Baca Juga:  Highlight: Kasus Covid-19 Harian di Jakarta Bertambah Besar

Kendati ia meyakini rencana tersebut berjalan mulus, sosialisasi kepada pedagang pasar tetap dilakukan. “Kita perlu lakukan sosialisasi kepada pedagang. Kita siapkan itu pasar buat jangka panjang. Jadi kita menyiapkan sebuah pasar untuk pasar,” kata dia. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here