Anies: Pengelolaan Limbah Air di Jakarta untuk Jangka Panjang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat mengamati sampel air dari hasil pengolahan IPAL, Ahad (8/12). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Krukut, Jakarta, resmi digulirkan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, instalasi tersebut dimaksudkan untuk penyediaan air bersih di masa depan.

Dia menuturkan, penanganan air limbah di Ibu Kota memang tidak semudah yang dibayangkan. Untuk menuntaskan masalah tersebut, membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kami tidak mau menyisakan masalah (limbah) ini untuk generasi masa depan. Karena itu, dari sekarang kita mulai, dan sampai 2030 saja itu baru selesai 84 persen,” ujarnya di Jakarta, Ahad (8/12).

“Kalau mau 100 persen baru selesai 2033, untuk menggambarkan bahwa ini memang kegiatan jangka panjang dan di sinilah kita mulai. Insya Allah tahun depan bisa selesai lalu jadi contoh,” kata Anies lagi.

Dia beranggapan, saat ini isu pengelolaan limbah air di kota-kota besar tidak menjadi topik utama. Padahal, masyarakat urban punya kontribusi besar atas timbulnya limbah tersebut.

“Ini adalah satu isu yang terlewatkan dari perhatian umum, kita lebih cenderung membicarakan hal-hal yang terlihat mata. Padahal, semua, kita, melakukan kegiatan membuang limbah,” tuturnya. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here