Jakarta Bakal Miliki Instalasi Pengolahan Limbah Air Tercanggih di Indonesia

Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pengelolaan limbah air oleh Gubernur Anies Baswedan di Jalan Masjid Hidayatullah, Jakarta Pusat, Ahad (8/12). Foto: M. Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur Anies Baswedan hari ini meresmikan dan melakukan peletakan batu pertama pembanguanan fasilitas pengelolaan limbah air di Jalan Masjid Hidayatullah, Jakarta Pusat. Nanti, fasilitas tersebut difungsikan untuk mengelola limbah air menjadi air bersih yang akan kembali disalurkan ke masyarakat.

“Hari ini kita memulai ground breaking (peletakan batu pertama), fasilitas pengelolaan air limbah dikelola oleh PD PAL Jaya,” ujarnya di Jakarta, Ahad (8/12).

Dia menyatakan, air daur ulang dari instalasi itu layak digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Selain itu, fasilitas yang sedang dibangun tersebut bakal menjadi cikal bakal fasilitas tercanggih pengelolaan limbah air di Indonesia.

Pengelolaan limbah air di Ibu Kota memang membutuhkan penanganan khusus, masalah ini tak bisa dianggap remeh. Dengan adanya fasilitas tersebut, Anies berharap pasokan air bersih di Jakarta bisa memenuhi kebutuhan warga yang bermukim disekitar Karet dan Sudirman.

“Dan dengan pengelolaan seperti ini harapannya nanti bisa memiliki kapasitas 1,5 juta people equivalent. Jadi air yang ditampung dari pengguna sekitar 1,5 juta orang, yang ada disekitar sini lalu diolah menjadi air bersih,” paparnya.

Kendati demikian, dia tidak membeberkan kapan proyek ini ditargetkan bakal tuntas. Dia meyakini pengerjaan fasilitas ini bakal selesai dalam waktu dekat. “Jadi proyek mulai sekarang, insya Allah tuntas dalam waktu yang cepat,” kata dia. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here