Integrasi Moda Kereta Permudah Transportasi Warga Ibu Kota

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat bersama Direktur Utama PT KAI dan PT MRT Jakarta di Balai Kota DKI. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Kolaborasi antara PT KAI dengan PT MRT Jakarta diapresiasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dengan demikian, ia berharap penduduk ibu kota bakal lebih mudah menggunakan moda transportasi massal.

“Kini angkutan Kereta Api (KA) di Jakarta akan diintegrasikan. Integrasi ini dalam aspek manajemen, dalam aspek rute, dan dalam ticketing,” ujar Anies di Jakarta, Senin (9/12).

Dengan ditandatanganinya Head of Agreement (HoA), perusahaan patungan ini direncanakan akan dimiliki oleh PT MRT Jakarta dan PT KAI, dengan presentase kepemilikan sebesar 51 persen di MRT dan sisanya milik KAI. Nantinya, stasiun-stasiun yang ada di ibu kota bakal diatur oleh perusahaan tersebut.

Baca Juga:  PT KAI Bagikan Tiket Gratis KA Argo Parahyangan

“Yang kedua, adalah pengelolaan kereta commuter. Yang ketiga, pengaturan KA Bandara,” paparnya.

Namun, untuk nama perusahaan patungan BUMN dan BUMD itu belum memiliki nama. “Belum ada ya,” tutur orang nomor satu di Jakarta itu.

Nantinya, pengguna kereta api sekitar 1,2 juta orang akan bisa menikmati integrasi dalam satu kesatuan. Tak hanya itu, untuk 980 ribu pengguna moda transportasi darat yang lain juga menikmati hal serupa karena integrasi ini ke depannya ditingkatkan pada moda lainnya. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here