Lokasi PKL Pasar Senen Siap Dipakai, Pegadang Terdaftar Berhak Menempati

PKL
Ilustrasi keberadaan pedagang kali lima (PKL) di trotoar sering mengganggu para pejalan kaki. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Lokasi baru untuk pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, telah disiapkan. Para pedagang yang sudah mendaftar di Kelurahan Senen yang berhak menempati lokasi tersebut.

“Kemarin kami sudah survei. Hari ini dari PD Pasar Jaya sudah menyiapkan itu di lantai 4 (Metro Atom Pasar Baru), kemarin sebagian besar pedagang baju bekas sudah ada di situ,” ujar Camat Senen, Ronny Jarpiko di Jakarta, Senin (9/12).

Lokasi pemindahan yang dijanjikan Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot JakPus) kepada para PKL merupakan bekas tempat hiburan. Ronny memastikan bahwa PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar telah menyediakan lapak bagi para pedagang.

“Pasar Metro Atom kan dikasih gratis 6 bulan. Kami upayakan, saya sudah survei di lantai 4, ada AC. Dari segi ekonomi bagus, (perdagangan) tidak mati. Kita fasilitasi yang sesuai, banyak yang jual baju bekas juga di sana. Harusnya nyaman,” paparnya.

Baca Juga:  Omzet Pedagang Asongan Melonjak di Lokasi Demonstrasi

Sejak awal bulan ini, Pemkot JakPus melarang pedagang untuk berjualan di trotoar kawasan Pasar Senen. Beberapa waktu lalu, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengatakan bahwa Pemkot JakPus menyediakan lokasi lain agar para pedagang dapat berjualan dengan tertata.

Untuk memastikan agar para PKL tidak berdagang kembali, hari ini Pemkot Jakarta Pusat menurunkan 600 personel untuk menjaga trotoar dan sekitar Pasar Senen agar tetap steril dari pedagang. Begitu juga dengan petugas lainnya, TNI-Polisi.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Bernard Tambunan, mengatakan satpol pp akan konsisten bertindak secara humanis jika PKL Senen masih berjualan di trotoar jalan. Maka dari itu, Bernard mengatakan permohonan terhadap pedagang kaki lima (PKL) Senen agar tak berjualan di sana.

Baca Juga:  Omzet Pedagang Asongan Melonjak di Lokasi Demonstrasi

“Kami akan bersifat humanis dan kami akan mengimbau supaya mereka tidak berdagang di sini. Kami mohon kesadaran mereka untuk tidak berjualan di sini (trotoar jalan Senen). Kami mengimbau para pedagang agar pindah di Kenari maupun di Atom Pasar Baru,” ujar Bernard

“Kami sudah tawarkan kepada mereka. Cuma sebagian besar mereka tidak mau pindah. Makanya kami lakukan penjagaan. Jadi, kalau pedagang meminta, kami akan bantu untuk siapkan bus yang mengangkut,” urai Bernard. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here