Masjid Istiqlal Renovasi, Lahan Parkir Tidak Tersedia saat Perayaan Natal Tahun Ini

masjid istiqlal
Suasana di Masjid Istiqlal. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Jelang perayaan natal yang jatuh pada pekan depan, pihak pengelola Masjid Istiqlal memastikan tak bisa menyiapkan lahan parkir bagi umat Nasrani yang merayakan natal di Gereja Katedral Gambir, Jakarta Pusat. Pasalnya, kawasan Masjid terbesar se Asia Tenggara ini tengah dalam proses renovasi.

“Jadi begini, untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Soalnya tahun ini Istiqlal kan lagi direnovasi, jadi saudara-saudara kita yang Katolik yang ingin ibadah itu tidak bisa parkir kendaraan di Istiqlal,” ujar Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Kamis (19/12).

Ia menuturkan bahwa hal tersebut telah diinformasikan jauh hari sebelumnya kepada pihak Katedral. Hasilnya, mereka memaklumi, sebab saat ini pelataran Istiqlal juga penuh dengan kendaraan berat untuk pengerjaan renovasi kawasan tersebut.

“Kita sudah kasih tahu jauh-jauh hari ke mereka. Pas hari Sumpah Pemuda kan kita kepanitiaan bersama, mereka sudah tahu sendiri, mereka lihat langsung proyeknya di Istiqlal,” tuturnya.

Meski tak menyediakan lahan parkir, namun pada perayaan Natal nanti gerbang Istiqlal tetap dibuka bagi umat Nasrani yang ingin mampir beristirahat di kawasan tersebut atau yang ingin menggunakan fasilitas lainnya seperti toilet. Selain itu, pihak Masjid Istiqlal juga akan membantu masyarakat yang datang ke katedral, menjaga kendaraan mereka, serta membantu para lansia untuk menyeberangi jalan.

“Paling mereka kalau mau memanfaatkan kamar mandi  mungkin masih bisa. Natal itu kan ada beberapa kali kebaktian, yang datang duluan mungkin mau istirahat bisa di Masjid sambil nunggu jam kebaktiannya,” paparnya.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here