Tanggul Jebol di Jakarta Selatan, Pemkot Minta BBWSCC Segera Menindaklanjuti

Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Pascabanjir yang mengepung ibu kota di awal tahun ini masih menyisakan pekerjaan. Salah satu tanggul di wilayah selatan ibu kota masih belum dibenahi usai jebol akibat debit air yang tinggi.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, mengatakan bahwa kejadian itu telah dilaporkan ke Balai Besar wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk ditindaklanjuti. “Tanggul-tanggul yang jebol saya menyebut antara lain tanggul yang jebol di Pesanggrahan. Kita sudah koordinasi dengan BBWSCC,” ujarnya di Jakarta, Ahad (12/1).

Hingga saat ini, tanggul tersebut belum juga diperbaiki. Pemerintah Kota Jakarta Selatan hanya melakukan pembenahan darurat (biasanya tanggul darurat terbuat dari karung yang berisikan pasir lalu disusun untuk menghalau laju air).

Marullah meminta kepada pihak BBWSCC untuk sigap menindaklanjuti laporan tersebut, sebab saat ini ibu kota tengah berada di musim penghujan. Guna mengantisipasi kejadian serupa (banjir) terulang, ia mengatakan bahwa tanggul tersebut harus segera diperbaiki secara permanen.

“Saya berharap BBWSCS bisa segera mengobati penyakitnya itu. Jadi, tanggul itu dapat diperbaiki dengan sempurna, begitu,” tuturnya.

Terkait prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Marullah berharap agar apa yang sudah diprediksi ini tidak benar-benar terjadi di ibu kota. Berbagai upaya antisipasi dilakukan, salah satunya ialah posko penanganan banjir yang telah disebar di semua kelurahan di wilayah Jakarta Selatan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here