Anies Mengaku Belum Menerima Surat Terkait Kandidat Wakil Gubernur DKI

anies baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat melayani pertanyaan wartawan di Balai Kota, Jakarta. Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan bahwa ia belum menerima surat terkait kedua kandidat pendampingnya yang telah terpilih. Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu telah memimpin ibu kota tanpa didampingi seorang wakil selama lebih dari setahun.

Ia masih menunggu surat keputusan yang telah disepakati oleh kedua partai pwngusungnya saat Pilkada 2017 silam. Kendati begitu, Anies mengatakan bahwa etua DPD Gerindra DKI Jakarta, M Taufik, telah menghubunginya secara langsung terkait kedua nama kandidat Wakil Gubernur DKI.

“Kami tunggu suratnya. Tadi pak Taufik sudah menghubungi saya,” ujarnya kepada awak media di Jakarta Selatan, Senin (20/1).

Hari ini, Anies tengah menghadiri agenda di Jogjakarta. Maka dari itu, surat keputusan terkait kedua kandidat wakil gubernur tak ia terima. Setelah mendapatkan surat tersebut, Anies akan segera menyampaikannya kepada parlemen Kebon Sirih. Terkait pemilihan wagub DKI, Anies menyerahkan seluruh mekanisme kepada DPRD DKI.”Saya tadi sedang menghadiri pengukuhan guru besar di UGM,” paparnya.

“Tanggung jawab Gubernur itu adalah meneruskan usulan dari partai pengusung. Kalau sudah ada usulan dari partai pengusung, maka saya meneruskan ke DPRD,” tuturnya menambahkan.

Selain itu, ia tak memedulikan siapun yang terpilih antara Riza Patria dan Nurmansyah Lubis sebagai pendampingnya nanti. Kendati begitu, ia memberikan syarat khusus pada wakilnya yang baru nanti, Yakni harus bisa bekerja sesuai janji kampanyenya.

Menurut dia, hal tersebut sesuai dengan yang dilakukan oleh Sandiaga Uno saat mendampinginya. Namun, Anies menyebut perbedaanya ialah Sandiaga ikut kampanye Pilkada 2017 dan wagub yang baru tidak.

“Siapapun yang nanti terpilih, dia mengikuti semua visi misi yang ada di 2017-2022. Kalau pak Sandi kan sama-sama kampanye, jadi meskipun tidak ikut kampanye, tapi harus ikut pada semua janji kampanye kita,” kata dia.

Anies enggan berkomentar lebih jauh terkait kedua kandidat pendampingnya. Ia meyakini, PKS dan Gerindra sudah mempertimbangkannya dengan baik.

“Karena itu dari dulu saya sampaikan bahwa hak dan kewenangannya ada pada partai politik. Dan saya teruskan kepada mereka,” urai Anies. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here