Mulai Berlaku Tarif, Jumlah Penumpang Lintas Raya Terpadu Merosot

LRT
Moda transportasi Lintas Raya Terpadu (LRT). Foto: M Aulia Rahman/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Semenjak pemberlakuan tarif komersial, penumpang moda transportasi massal lintas raya terpadu (LRT) Jakarta rute Velodrome-Kelapa Gading anjlok. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan bahwa penumpang LRT Jakarta menurun setengahnya dibandingkan pada saat uji coba secara gratis.

“LRT memang sekarang ada penurunan ridership setelah dinyatakan berbayar. Sekarang (penumpang) di kisaran 4.000 (per hari), saat uji coba sekitar 7.000-8.000 (penumpang),” ujarnya di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (23/1).

Ia menuturkan, alasan penumpang LRT merosot lantaran rutenya yang terlalu pendek. Maka dari itu, publik lebih menggunakan moda transportasi massal lainnya.

“LRT karena masih (panjang rutenya) baru 5,8 kilometer dan coverage area otomatis juga terbatas. Jadi mungkin masyarakat lebih memilih moda lain dalam bertransportasi,” kata Syafrin.

Berbeda dengan LRT, penumpang Transjakarta dan MRT malah melonjak. Penumpang Transjakarta mencapai 995.000 per hari, sementara itu penumpang MRT rata-rata mencapai 95.000 penumpang setiap harinya.

“MRT itu tahun lalu target mereka 65.000 ridership (per hari). Sekarang mereka rata-rata 95.000 (penumpang), pernah mencapai 125.000,” paparnya.

Pemprov DKI akan terus mengevaluasi penyebab turunnya penumpang salah satu moda transportasi massal di ibu kota itu. Tak hanya itu, guna meningkatkan jumlah penumpang, Pemprov DKI juga akan memperbanyak integrasi LRT dengan moda transportasi massal lainnya.

“Kami akan terus evaluasi. Karena target ridership-nya 14.000 (penumpang per hari),” tuturnya.

Pembangunan LRT fase dua rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium bisa akan dipercepat. Hal tersebut dilakukan untuk memperpanjang rute LRT dan meningatkan jumlah penumpang.(PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here