Cegah Virus Corona, Car Free Day di Jakarta Barat Dihentikan Sementara

Ilustrasi: situasi saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau biasa disebut Car free day di Jalan Sudirman, Minggu (16/6). Foto: Indonesiainside.id/M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan Gajah Mada, Tamansari, Jakarta Barat dihentikan sementara selama dua pekan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19).

“Sementara dua pekan dulu (ditiadakan), nanti kami evaluasi lagi,” kata Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi di Jakarta, Jumat (13/3).

Peniadaan HBKB berbarengan dengan keputusan Pemprov DKI Jakarta yang meniadakan HBKB di Jalan MH Thamrin-Sudirman pada 15 Maret dan 22 Maret 2020 dan disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan HBKB di kawasan Sudirman- Thamrin untuk mencegah penularan COVID-19.

“Kegiatan hari minggu, kita memiliki HBKB atau car free day dan untuk menjaga dan melindungi warga Jakarta dari potensi penularan (corona), maka dua minggu ke depan Pemprov DKI Jakarta meniadakannya,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu.

Menurut Anies, hal tersebut merupakan langkah pencegahan DKI Jakarta dengan meminimalisir kontak fisik warga di ruang publik.

Selama dua pekan ditiadakan, Pemprov DKI Jakarta akan mengulas dan melihat perkembangan dari COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia.

“Sesudah dua minggu ke depan kita akan pantau lagi ini, kita lakukan sambil melihat perkembangan penularan corona virus ini,” ujar Anies. (ant/MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here