Kakorlantas Polri Irjen Istiono: Surat Edaran Kemenhub Itu Sifatnya Rekomendasi Saja

istiono
Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Kepala Koordinator Lalu Lintas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono, membenarkan adanya surat edaran dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan. Surat edaran itu dibuat menyusul dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

“Surat edaran itu benar. Itu sifatnya hanya rekomendasi saja,” tutur Istiono di Jakarta, Rabu (2/4).

Ia mengutarakan akan memperhatikan surat edaran tersebut. Ia pun berharap agar surat edaran iu disesuaikan dengan bijak oleh para pimpinan daerah tergantung situasi yang berkembang di wilayah masing-masing.

Pada 1 April 2020, BPTJ mengeluarkan surat edaran. Inti dari surat edaran itu bertujuan memberikan rekomendasi kepada daerah untuk melakukan pembatasan penggunaan moda transportasi apabila wilayah tersebut sudah dikategorikan dan diperkenankan melakukan PSBB.

Pembatasan pemakaian moda transportasi itu diperlukan untuk mengurangi pergerakan orang dalam upaya memutus matai rantai penyebaran vrus corona. Untuk bisa dikategorikan sebagai wilayah PSBB, tulis siaran pers tersebut, harus lebih dulu mendapat persetujuan menteri kesehatan. Jika belum resmi mendapat persetujuan menkes,maka daerah tersebut belum bisa melakukan pembatasan transportasi.

Bagi wilayah Jabotabek yang sudah berstatus PSBB, tuturnya, maka surat edaran itu bisa menjadi pedoman untuk melakuka pembatasan moda transportasi. Surat edaran itu jelas bukan perintah penghentian transportasi di Jabodetabek.

Sejak kemarin banyak media yang menulis mulai berlakunya penghentian transportasi di Jabodetabek. Berita itu menjadi pro-kontra. Banyak anggota masyarakat yang percaya. Di lain pihak,sebagian masyarakat juga mempertanyakan kesahihan informasi tersebut. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here