Penataan Kawasan Stasiun Dihentikan untuk Sementara Waktu

Penataan Kawasan Stasiun Dihentikan untuk Sementara Waktu. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Dalam rangka pengurangan dan pembatasan penggunaan transportasi publik untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19), kegiatan penataan kawasan stasiun dihentikan untuk sementara. Langkah ini diambil berdasarkan Seruan Gubernur Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Kegiatan Perkantoran Dalam Rangka Mencegah Penyebaran Pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan bagi semua pemangku kepentingan, terutama bagi pengguna harian transportasi dan pekerja konstruksi di lapangan. Ia memastikan, pengerjaan itu telah berhenti sejak tanggal 23 Maret lalu.

“Keselamatan semua pihak menjadi prioritas utama saat ini. Untuk itu, proyek penataan kawasan stasiun yang sebelumnya ditargetkan selesai pada akhir Maret 2020, terpaksa dihentikan sementara,” ujarnya ketika dikonfirmasi awak media di Jakarta, Sabtu (4/4).

“Kebijakan ini dilakukan dengan mempertimbangkan tidak kondusifnya situasi Jakarta saat ini terkait penyebaran wabah Covid-19. Hal ini secara otomatis berpengaruh pada segala kegiatan aktivitas warga Jakarta, termasuk proyek penataan kawasan stasiun ini,” tuturnya menambahkan.

Syafrin memaparkan, untuk area yang akan dihentikan pekerjaannya bakal dilaksanakan perapihan untuk keamanan dan pencegahan dampak lingkungan, terutama kepada kepentingan pejalan kaki dan publik yang melintas. Dengan demikian, lanjut Syafrin, informasi terkait kelanjutan proyek tersebut akan diinformasikan kembali ketika keadaan ibu kota sudah pulih.

“Dalam pelaksanaan perapihan pekerjaan ini, dilakukan prosedur pertimbangan keamanan dan penjagaan kualitas dengan tetap memperhatikan protokol keselamatan konstruksi untuk pencegahan Covid-19. Kelanjutan kegiatan penataan kawasan stasiun akan diinfokan lebih lanjut menunggu keadaan kembali kondusif pascapandemi Covid-19,” paparnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkolaborasi melakukan penataan kawasan empat stasiun. Keempat stasiun itu yakni Stasiun Juanda, Stasiun Senen, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Sudirman.

Kegiatan ini merupakan langkah awal perwujudan penyelenggaraan transportasi terintegrasi antara pemerintah pusat dengan Pemprov DKI. Penataan kawasan stasiun dilakukan untuk kemudahan, kenyamanan, dan keamanan transportasi warga dengan tetap mengedepankan kepentingan publik yang terkait dengan stasiun.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here