ACTA: Dua Aspek Penting Harus Diperhatikan Jika Pemilihan Wagub Dilaksanakan

Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Hendarsam Marantoko. Foto: ant

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Hendarsam Marantoko mengatakan ada dua hal yang penting diperhatikan jika pemilihan Wagub DKI dilaksanakan hari ini. Pertama, apakah kondisinya benar-benar aman. Sebab Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan telah memperpanjang status tanggap darurat bencana Covid-19 hingga 19 April mendatang.

“Nah, yang dimaksud aman dalam hal ini adalah dari sisi prosedural hukum dan sisi protap (prosedur tetap) kesehatan. Dari sisi hukum pihak penyelenggara maupun Kepolisian telah berpijak kepada ketentuan yang di atur dalam pasal 24, pasal 25 PP no 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan tata tertib DPRD Propinsi Kabupaten dan Kota yang juga secara umum di atur dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah,” kata Hendarsam dalam keterangannya, Senin (6/4) pagi.

Selain aman dari prosedural hukum, aman dari sisi kesehatan juga penting diperhatikan. Dia meyakini protokol penanganan Covid-19 pasti dijalankan.

Kedua hal tersebut adalah agenda politik dalam skala terbatas di mana penerapan social distancing akan dilakukan dengan melakukan rapat hanya beberapa orang saja. Selebihnya bisa di lakukan rapat secara virtual.

“Iya, seperti yang sudah kita praktikan dengan istilah work from home sejauh ini,” ujarnya.

Aspek kedua, yaitu mendesak. Hendarsam menilai, dibuatkannya sistem pemilihan Kepala Daerah secara berpasangan memiliki makna Filosofis secara mendalam. Artinya, roda pemerintahan akan berjalan sempurna apabila dilakukan dengan bahu membahu oleh duet Kepala Daerah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here