Kegiatan di Masjid Istiqlal Selama Bulan Ramadan Tahun Ini Ditiadakan

Jamaah salat zuhur Masjid Istiqlal sedang mengamini do'a qunut nazilah yang dipanjatkan oleh imam pada rakaat terakhir. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Bulan ramadan tahun ini berada di tengah pandemi Covid-19. Salat tarawih dan aktivitas keagamaan lainnya pun ditiadakan guna mencegah penyebaran virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina itu.

Salah satu masjid yang melakukan hal tersebut ialah Masjid Istiqlal. Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan bahwa belasan program yang biasanya diadakan saat bulan suci umat muslim kini ditiadakan.

“Jadi untuk bulan ramadan tahun ini tentunya berubah ya, program-program yang biasanya kita laksanakan itu (17 program) dibatalkan. Jadi tidak ada pelayanan agama selama masa Covid-19 di Masjid Istiqlal,” ujarnya kepada Indonesiainside.id, Selasa (21/4).

Tapi, lanjut Abu, ada beberapa program masjid yang tetap dijalankan. Ia memaparkan, sejumlah program tersebut tetap berlangsung dengan sistem yang telah disiapkan oleh pihak pengelola masjid yang terletak di jantung Kota Jakarta itu.

“Namun, di antara 17 program itu hanya ada dua program yang kami laksanakan. Kedua program itu ialah pengumpulan zakat dan santunan yatim,” tuturnya.

“Santunan yatim pun ini mereka dasarnya tidak datang ke sini, melalui sistem daring, tautan terkait sudah saya sebar di semua yayasan, sudah banyak yang terdata. Nah, untuk zakat fitrah, kami sudah sebar rekening untuk transfer, dan orangnya tidak perlu ke masjid istiqlal, pembagiannya (zakat dan santunan) diantar seperti pembagian daging hewan kurban, jadi mereka tidak perlu datang ke Masjid Istiqlal,” paparnya menambahkan.

Untuk mengantisipasi kedatangan para jamaah, pihak pengelola juga telah menutup gerbang masuk dan memasang imbauan di kawasan masjid. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan imbauan dari sejumlah pihak.

“Masyarakat tidak perlu datang ke masjid istiqlal, karena masjid kali ini pasti kami tutup. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan MUI,” kata dia.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here