Selama Ramadhan, Masjid Istiqlal Gelar Siaran Langsung untuk Jamaah

masjid istiqlal
Suasana di Masjid Istiqlal. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Ramadhan tahun ini bakal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Salat tarawih bersama dan aktivitas keagamaan yang melibatkan banyak orang ditiadakan untuk sementara guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menjelaskan bahwa pengelola masjid yang terletak di jantung ibu kota itu bakal mengadakan siaran langsung untuk para jamaah di rumah. Bahkan, siaran itu juga ditayangkan oleh stasiun televisi pertama yang mengudara di tanah air.

“Kali ini, masyarakat bisa mengikuti kegiatan di Masjid Istiqlal melalui daring, seperti tausiyah. Kami ada tausiyah setelah salat Maghrib. Itu yang membawakan imam besar (Prof Dr Nasaruddin Umar) dan tersedia di TVRI serta siaran langsung di akun youtube Masjid Istiqlal,” ujarnya kepada Indonesiainside.id, Selasa (21/4).

Namun, belasan program yang biasanya diadakan saat bulan suci umat muslim itu kini ditiadakan. Abu memaparkan, keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan imbauan dari sejumlah pihak.

“Jadi untuk bulan Ramadhan tahun ini tentunya berubah ya. Program-program yang biasanya kita laksanakan itu (17 program) dibatalkan. Jadi tidak ada pelayanan agama selama masa Covid-19 di Masjid Istiqlal,” paparnya.

“Masyarakat tidak perlu datang ke masjid Istiqlal, karena masjid kali ini pasti kami tutup. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI),” tuturnya (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here