Stabilisasi Harga, Bulog Operasi Pasar di Jakarta

Ilustrasi operasi pasar. Foto: Antara

Indonesiainside.id, jakarta – Perum Bulog terus melakukan operasi pasar khusus komoditas gula pasir yang dilakukan di empat pasar Jakarta. Hal tersebut guna stabilisasi harga gula agar mendekati harga acuan Pemerintah.

Terpantau berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga rata-rata gula pasir nasional hingga Jumat (15/5) sudah mencapai Rp17.450 per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp12.500 per kg.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh menyebutkan operasi pasar gula pasir terus dilakukan setiap hari sejak Jumat (15/5) di empat pasar utama, yakni Kramat Jati, Jatinegara, Pasar Minggu dan Tomang.

“Sampai hari ini kami tetap melaksanakan operasi pasar gula dengan tujuan bahwa kami bisa menekan harga sehingga harga yang saat ini Rp17.000 sampai Rp18.000, bisa kita tarik ke arah Rp12.500 per kg,” kata Tri dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh BNPB di Jakarta, Minggu (17/5).

Tri menyebutkan bahwa operasi pasar akan dilakukan setiap hari hingga Lebaran. Tidak hanya di Jakarta, operasi pasar stabilisasi harga gula telah dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak Jumat (15/5) lalu.

Sejak operasi pasar dimulai pada Jumat, Bulog telah menggelontorkan rata-rata 2.000-3.000 ton gula pasir per hari. Ada pun stok gula pasir ini berasal dari importasi penugasan BUMN Pangan tersebut dengan total sebesar 50.000 ton.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here