Buka Saat PSBB, Pengusaha Sepeda Air Bebek di Danau Sunter Kena Denda Rp5 Juta

Satpol PP Jakarta Utara menyegel fasilitas wahana air sepeda bebek di Danau Agung, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (26/5). Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Seorang pemiliki wahana wisata air sepeda bebek di wilayah Danau Agung, Sunter, Jakarta Pusat didenda  Rp5 juta oleh Satgas Covid-19 Jakarta Utara. Dia kedapatan beroperasi di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kasiop Satpol PP Jakarta Utara, Purnama Panggabean mengatakan, selama pelaksanaan PSBB warga dan pengusaha di wilayah Sunter harus menghentikan kegiatannya. Sesuai dengan Pergub DKI Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Pencegahan Covid-19 di DKI Jakarta.

“Jadi hari ini kita dapat informasi bahwa ada kegiatan bebek-bebekan (sepeda air), kita sekalian melaksanakan penyegelan,” katanya ditemui di lokasi, Selasa (26/5).

Saat itu juga petugas gabungan, Satpol PP bersama kepolisian dan TNI melingkari wilayah wisata air itu dengan garis polisi. Adapun denda sebesar Rp5 juta dibayarkan via daring ke rekening Bank DKI.

“Aksi dendanya harus dilaksanakan agar masyarakat jera. Karena kalau enggak begitu Covid-19 ini enggak berhenti dari Jakarta,” tegasnya.

“Jadi kita harus memberikan ekfek jera kepada pengusaha dengan memberikan sanksi denda dan penutupan sementara kegiatannya dengan memberikan segel,” imbuhnya.

Purnama mengatakan, segel akan dibuka pada 4 Juni mendatang saat PSBB Jakarta tahap III berakhir. “Wilayah lain kalau ada kegiatan juga sama kita laksanakan (penindakan),” tuturnya.

Petang tadi, aparat gabungan juga membubarkan warga yang sedang mencari udara segar di pinggir danau. Termasuk puluhan pemancing yang sedang menunggu umpannya disambar ikan.

“Tadi kita juga melaksanakan pencabutan pentil motor para pemancing, ada kurang lebih 100 kita cabut,” katanya.

“Warga yang bererkumun kita imbau untuk pulang, mereka yang tidak mengenakan masker kita sanksi denda. Kita suruh milih sanksi sosial atau denda Rp100 ribu sampai Rp250 ribu,” tambahnya.(PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here