Kantong Plastik Sekali Pakai Bisa Digunakan apabila…

Ilustrasi kantong plastik sekali pakai. Foto: cosmeticsdesign

Indonesiainside.id, Jakarta – Pergub DKI Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan mulai berlaku hari ini, Rabu (1/7). Pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat dilarang menggunakan kantong plastik sekali pakai.

Meski demikian, Pergub itu membolehkan pengelola pusat perbelanjaan menyediakan kantong plastik sekali pakai dengan beberapa ketentuan. Penyediaan kantong plastik hanya dapat digunakan untuk mewadahi bahan pangan yang belum terselubung kemasan apapun.

“Dalam hal telah tersedia alternatif kantong kemasan yang lebih ramah lingkungan, penyediaan Kantong Kemasan Plastik Sekali Pakai dihentikan,” dikutip beleid itu.

Guna mendorong penggunaan kantong belanja ramah lingkunga, pengelola pusat perbelanjaan dan swalayan dapat memberikan insentif kepada konsumen apabila membawa sendiri kantong belanja ramah lingkungan. Dalam hal kantong plastik ramah lingkungan berbayar, pengelola pusatbelanja diminta memberikan harga wajar.

Sementara, hak-hak konsumen ialah, mendapatkan wadah belanja ramah lingkungan dengan mudah dari pengelola.  Masyarakat berhak membawa sendiri kantong belanjanya dan menolak untuk diberi wadah Kantong Belanja Plastik Sekali Pakai oleh Pelaku Usaha.

“Masyarakat berhak untuk memperoleh informasi dari Pelaku Usaha mengenai jenis dan bahan Kantong Belanja Ramah Lingkungan yang tersedia serta harga yang harus dibayar apabila hendak memperoleh Kantong Belanja Ramah Lingkungan,” bunyi aturan itu. (Msh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here