Fenomena Putar Balik Kendaraan Saat Ada Razia, Mengapa Hal Ini Sering Terjadi?

Petugas Dinas Perhubungan Banda Aceh melakukan razia penggunaan masker bagi pengendara motor di kawasan Simpang Lima. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Lagi enak-enak berkendara, eh ada razia kendaraan di depan. Lalu anda pun segera memutarbalikkan arah laju sepeda motor.

Jika sering melakukan hal ini, berarti ada yang salah dalam dokumen berkendara anda apakah SIM atau STNK yang sudah kedaluwarsa. Atau barangkali tidak memakai helm, tak memasang kaca spion, plat kendaraan.

“Fenomena tersebut terjadi karena merasa ada kekurangan kelengkapan pada saat mengendarai sepeda motor,” ujar Pemerhati transportaasi, Budiyanto, Selasa (28/7).

Menurut Budi, tindakan seperti itu dapat membahayakan pengguna jalan lainnya dan tentu saja sebuah kejahatan. Potensi terjadinya kecelakaan sangat besar, sebab tragedi lalu lintas biasanya diawali dari pelanggaran.

“Sebenarnya tidak perlu terjadi apabila pengendara sepeda motor pada saat akan mengendarai kendaraan tesebut telah melengkapi kelengkapan identitas pribadi serta kelengkapan lainnya,” katanya.

Menurutnya, untuk meminimalkan pelanggaran perlu ada langkah edukasi berkesinambungan dari para pemangku kepentingan. Agar pengguna kendaraan bermotor, dalam hal ini roda dua memahami bahayanya berkendara melawan arus.

Melawan arus bisa dikenakan pasal 287 ayat 106 ayat 4 huruf a dengan pidana kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000. Apabila sampai  menimbulkan atau sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas akan dikenakan pasal yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas.

Undang – Undang lalu lintas Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ telah diatur  tentang tata cara berlalu lintas yang benar, antara lain :

  1. Berlaku tertib dan mencegah hal-hal yang dapat membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas
  2. Setiap pengguna jalan wajib mematuhi perintah yang diberikan oleh Petugas.
  3. Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib mengemudikan dengan wajar dan penuh konsentrasi.

4.Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memenuhi ketentuan rambu-rambu perintah atau larangan dan gerakan lalu lintas.

  1. Pada saat ada pemeriksaan wajib menunjukan identitas pribadi dan kendaraan. (Msh)
DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here