Masjid Agung Al Azhar Terima 73 Sapi dan 883 Kambing, Tebar Kurban ke Daerah

shalat idul adha
Dengan menjaga protokol kesehatan menjaga jarak fisik, ratusan jamaah mengikuti shalat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Jum’at (31/7). Suandri Ansah/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Panitia Idul Adha Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan menerima 73 ekor sapi dan 883 ekor kambing kurban pada tahun ini. Sebagian hewan kurban disebar ke berbagai daerah.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Al Azhar berlangsung setelah shalat Ied hingga Ashar. Hewan kurban yang dipotong di masjid sebanyak 14 ekor sapi dan 117 ekor kambing.

Sisanya disalurkan pada desa-desa binaan Al Azhar. Kurban yang masuk lewat Laznas Al Azhar, selain dipotong di masjid juga disalurkan ke beberapa daerah.

Wilayah penyaluran meliputi Jawa Barat, yakni di antaranya Purwakarta, Bandung, Cianjur, Bekasi, Bogor. Wilayah Jawa Tengah, yakni Cilacap, Wonogiri, Klaten, Demak, Solo dan Grobogan.

Kulon Progo, Yogyakarta, Lamongan di Jawa Timur, dan sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Ketua Panitia Idul Adha, Muhammad Zainul Arifin mengatakan, pendistirbusian daging kurban tak dilakukan di area masjid sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Melainkan diantar langsung ke penerima atau mustahik.

“Kita bagi ke pos-pos yang kami tunjuk, ada 2.500 kupon yang tersebar di 75 pos di Jabodetabek,” katanya, Jumat (31/7).

Pos-pos tersebut ditentukan berdasar pemetaan yang jauh-jauh hari dilakukan panitia dengan mempertimbangkan jumlah mustahik.

“Area mana yang banyak mustahiknya. Pulo Gebang misalnya dan ada beberapa lembaga yang membantu menyalurkan,” ucapnya. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here