Delapan Orang Terduga Provokator Ditahan Polda Metro Jaya

Kombes Pol Yusri Yunus
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Ahad (1/12). Foto: Ahmad ZR/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Polda Metro Jaya menahan delapan orang yang diduga sebagai pembuat kericuhan (provokator) di tengah aksi penyampaian pendapat di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Jumat (14/8). Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan bahwa mereka bukanlah massa aksi.

“Delapan ini bukan pendemo ya, mereka di sana cuma bikin rusuh. Ada yang bawa bendera Anarko, ada yang bawa botol, ketapel, bom molotov, batu,” ujarnya ketika dikonfirmasi.

Ia menuturkan, awalnya Polda Metro Jaya mengamankan sekitar 100 orang yang menyusup di tengah-tengah massa aksi. Kemudian, lanjut Yusri, sejumlah orang ditahan lantaran ada unsur pidana, sedangkan sisanya telah dipulangkan.

“Memang 100 lebih yang kita amankan awalnya. Tapi sampai saat ini, tinggal delapan orang yang memang berpotensi adanya unsur pidana, yang lain sudah dipulangkan,” tuturnya.

Meski petugas menemukan atribut kelompok Anarko Sindikalisme, Yusri belum dapat memastikan apakah delapan orang itu memang anggota kelompok Anarko. Pasalnya, saat ini sejumlah orang itu masih menjalani pemeriksaan intensif di Mako Polda Metro Jaya. (MAR/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here