Anies: Kampung Akuarium Jadi Percontohan

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menerima ucapan dari warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara. Foto: Dok Humas Pemprov DKI

Indonesiainside.id, Jakarta – Peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, telah dilakukan, Senin (17/8). Dengan demikian, babak baru penataan Kampung Akuarium sudah dimulai.

Program ini merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk meningkatkan kualitas permukiman warganya melalui penataan kampung. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa pembangunan Kampung Akuarium ini akan menjadi percontohan dan pelopor kampung urban/perkotaan.

“Insya Allah apa yang dikerjakan di tempat ini akan diteruskan di tempat-tempat lain yang sudah masuk dalam rencana kita (penataan 21 kampung). Karena itu, apa yang dikerjakan di tempat ini akan menjadi tonggak baru penataan kampung di seluruh Indonesia,” ujarnya di lokasi.

Ia menuturkan, kehadiran Kampung Susun Akuarium ini merupakan wujud keadilan bagi seluruh warga Jakarta. Selain itu, Anies pun turut mengapresiasi penamaan ‘Kampung’ yang hanya ada di tanah air.

“PR kita di tempat ini, kita ingin menghadirkan keadilan. Kita ingin seluruh warga memiliki hunian layak, sehingga mereka dapat bertumbuh kembang menjadi warga kota yang tetap mempertahankan karakter kampung. Karena Jakarta memiliki tradisi panjang tentang perkampungan. Karena itu saya mendukung sekali istilah yang dibangun di sini bukan rumah susun, tapi Kampung Susun Akuarium,” ucap Anies.

Menurut dia, hal yang perlu menjadi perhatian dalam penataan kampung ini adalah pada proses perencanaannya, yang memakan waktu lumayan panjang, karena melibatkan sejumlah pihak dan menyerap berbagai aspirasi dari warga. Sehingga, nantinya kampung susun ini diharapkan akan memenuhi ekspektasi Warga Kampung Akuarium saat mereka sudah tinggal di dalamnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here