HUT ke-75 RI, Ragunan Tetap Beroperasi

Taman Margasatwa Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8), Taman Margasatwa Ragunan (TMR), tetap beroperasi. Dilansir dari Antara, Kepala Satuan Operasional Ragunan, Ketut Widarsana, memastikan hal tersebut.

“Ragunan tetap buka. Hari libur satwa digeser pada hari berikutnya, Selasa (18/8),” ujarnya saat dikonfirmasi di Jakarta, Ahad (16/8).

Ketut memaparkan, dalam Peraturan Gubernur Nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur Bagi Satwa pada Taman Margasatawa Ragunan disebutkan apabila hari libur satwa jatuh pada tanggal merah maka dialihkan pada hari setelahnya. Libur satwa diberikan berdasarkan kesepakatan dari hasil dialog publik tahun 2014 yang dihadiri oleh pemerhati satwa, pencinta alam, pencinta lingkungan, dan praktisi lainnya.

Tujuan hari libur satwa adalah untuk memberikan kelonggaran kepada hewan untuk beristirahat dan memberikan kenyamanan setelah satu pekan dikunjungi oleh pengunjung. Menurut Ketut, pada libur 17 Agustus kali ini pengunjung tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tidak mengadakan acara 17-an. Sesuai surat edaran gubernur Nomor 14 Tahun 2020 tidak boleh ada perayaan dan perlombaan yang membuat orang berkumpul,” kata Ketut.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Ragunan menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan yang melibatkan karyawan juga pengunjung. Perlombaan tersebut di antaranya, tarik tambang, panjat pinang dan sejumlah lomba lainnya.

“Untuk tahun ini tidak ada kegiatan apa pun. Pengunjung yang datang tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak boleh berkerumun,” tuturnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here